Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Samsung Galaxy A34: Desain Elegan, Performa Cepat, dan Kamera Berkualitas Tinggi

Samsung Galaxy A34:

Review Samsung Galaxy A34: Desain Elegan, Performa Cepat, dan Kamera Berkualitas Tinggi
Review Samsung Galaxy A34

Review Samsung Galaxy A34 - Samsung kembali melucurkan Galaxy seri terbarunya yaitu Galaxy A34 dengan formula lebih gahar dari seri pendahulunya yaitu Galaxy A33.

Salah satu perubahan yang mencolok lainnya adalah chipset. Alih-alih mengandalkan chipset Exynos buatan sendiri (Samsung) seperti tahun lalu, Samsung kali ini membenamkan chipset MediaTek Dimensity 1080 pada produk terbaunya ini..

Beberapa spesifikasi penting yang masih menjadi sorotan adalah rating proteksi IP67 dan pengaturan speaker stereo. Galaxy A54 juga tetap mempertahankan baterai besarnya sebesar 5.000 mAh dengan pengisian cepat 25W seperti Seri A33.

Kameranya terlihat sebagian besar tidak berubah dari tahun lalu, dengan kamera utama 48MP, ultrawide 8MP, kamera makro 5MP, dan selfie 13MP. Kali ini tidak ada sensor kedalaman.

Jadi, itulah Galaxy A34 secara singkat. Pertanyaannya sekarang adalah apakah ponsel ini sebaik pendahulunya dan bernilai baik secara umum.

Unboxing

Samsung Galaxy A34 dikemas dalam kotak karton dua bagian yang tipis seperti pendahulunya. Samsung tidak menyertakan charger pada A34. Ini bukan perkembangan baru yang tepat, tetapi tetap patut disebutkan, terutama untuk kelas menengah.

Namun, Anda masih mendapatkan kabel USB Type-C ke Type-C di dalam kotak yang terletak di dalam kompartemen kertas tipis. Kabel ini kompatibel dengan pengisian cepat 25W Samsung, jadi hal itu sudah tercakup.

Desain Penyatuan bahasa desain Galaksi di seluruh jajaran semakin meningkat. Tidak hanya S23 dan S23+ yang diubah gaya seperti Ultra, tetapi anggota seri A sekarang juga mengadopsi penataan kamera yang sama.

Triple lensa kamera yang terpisah menciptakan tampilan yang cukup khas tampilan Samsung. Bagian tepi lensa juga dicocokkan warnanya dengan bagian belakang ponsel, yang merupakan sentuhan yang bagus.

Namun, kamera-kamera tersebut menonjol cukup jauh dan membuat permukaan ponsel menjadi sangat tidak rata.

Semetara pada bagian belakang plastik ponsel mirip kaca dengan cukup baik. Permukaannya terlihat mengkilap dan mudah meninggalkan sidik jari dan minyak. Ponsel ini tersedia dalam empat warna - Hijau Muda, Hitam, Violet Muda, dan Perak. Unit hijau yang kami ulas memiliki tampilan yang sangat muda dan bermain-main.

Logo Samsung di dekat bagian bawah panel belakang sebenarnya ditimbulkan, yang juga menunjukkan perhatian yang baik terhadap detail.

Bingkai tengah telepon yang terbuat dari plastic yang terlihat dan terasa sangat premium. Lengkungannya membuatnya sangat nyaman, dan lapisan matnya tahan terhadap kotoran, berbeda dengan panel belakangnya.

Seperti yang telah disebutkan, bingkai layar, terutama di bagian bawah, sedikit lebih ramping pada generasi ini. Kami agak kecewa melihat bahwa masih ada notch tetesan air yang, dari segi desain, terlihat ketinggalan zaman dibandingkan kamera selfie punch-hole yang umum digunakan saat ini.

A34 telah berkembang cukup banyak dibandingkan pendahulunya. Ukurannya adalah 161,3 x 78,1 x 8,2 mm dan hampir mencapai berat 200 gram pada 199 g.

Peningkatan ukuran ini disertai dengan tampilan yang lebih besar, yaitu 6,6 inci, yang membuatnya sangat masuk akal. Dan bahkan dengan proporsi barunya, A34 tidak terasa terlalu berat. Beratnya sangat seimbang.

Konektify

Berbicara tentang port USB Type-C, tidak ada yang istimewa dan hanya didukung oleh koneksi data USB 2.0, yang berarti kecepatan transfer maksimum teoretis adalah 480 Mbps.

Samsung Galaxy  A34 tidak memiliki output video. Fitur itu masih dipesan untuk perangkat Samsung yang lebih tinggi. Namun, A34 memiliki fitur USB Host/OTG.

Seperti yang disebutkan, Galaxy A34 memiliki dukungan Dual SIM opsional dengan SA dan NSA 5G. Ada juga receiver GPS, GLONASS, GALILEO, BDS yang terpasang di dalamnya.

Tidak ada yang istimewa, hanya satu unit band. A34 juga memiliki NFC, meskipun tergantung pada pasar, dan Anda perlu memeriksa dengan pengecer lokal Anda. Ada Wi-Fi ac dual-band dan Bluetooth 5.3 dengan dukungan LE untuk konektivitas lokal.

Layar AMOLED  Lebih Besar dan Lebih Cepat

Galaxy A34 memiliki layar yang luas dan lapang dengan ukuran 6,6 inci. Ukurannya lebih besar dari Galaxy A33 tahun lalu yang hanya 6,4 inci, Galaxy A54 dengan ukuran 6,4 inci, dan A53 dengan ukuran 6,5 inci.

Layar tersebut memiliki resolusi FullHD+ dengan 1080 x 2340 piksel - sedikit lebih rendah dibandingkan tahun lalu, tetapi memiliki rasio aspek baru 19,5:9.

Kecepatan Refres

Penanganan kecepatan refres tinggi Galaxy A34 memiliki kecepatan refres 120Hz, yang berarti ada peningkatan dari 90Hz tahun lalu dan bagus untuk dilihat.

Pada pengaturan tampilan, Anda akan menemukan dua opsi untuk kecepatan penyegaran - Standar dan Tinggi.

Ketahanan Battery

Samsung Galaxy A34 memiliki baterai berkapasitas besar 5.000 mAh, sama dengan model tahun lalu. Samsung Galaxy A34 ini bisa beroperasi selama133 jam dalam penggunaan normal.

Charging

Galaxy A34 bukanlah perangkat pengisi daya yang terlalu cepat. Namun, ia masih mampu mengejar ketertinggalannya dengan pesaing-pesaingnya. Bahkan masih bisa dikatakan lebih unggul dalam pengisian cepat.

Sistim Oerasi Android

Galaxy A34 dilengkapi dengan One UI 5.1 terbaru dengan Android 13 sebagai sistem operasinya. Samsung menjanjikan hingga empat generasi pembaruan OS dan hingga lima tahun pembaruan keamanan pada A34..

Kinerja Mesin

Sebagai gantinya dari menggunakan chip buatan Samsung sendiri, Galaxy A34 dilengkapi dengan MediaTek Dimensity 1080. Ini adalah bagian menengah yang bagus yang dibuat dengan node 6nm yang efisien.

Selain itu dilengkapi juga dengan pengaturan CPU octa-core dengan dua inti Cortex-A78 besar yang berjalan pada kecepatan hingga 2,6 GHz.  Dibantu dengan enam inti Cortex-A55 yang bekerja pada kecepatan hingga 2,0 GHz.

Untuk grafis, ada GPU Mali-G68 MC4 yang tersedia. Konektivitas jaringan disediakan oleh modem onboard 5G NR Sub-6, yang mampu operasi SA dan NSA.

Kamera Utama

Galaxy A34 meneruskan sebagian besar pengaturan kamera dari pendahulunya, A33 5G. Ponsel baru ini dilengkapi dengan kamera utama 48MP yang dilengkapi dengan OIS, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 5MP, dan selfie 13MP di bagian depan. Kali ini tidak ada sensor kedalaman.

Kamera utama 48MP menggunakan sensor Sony IMX582. Sensor tersebut berukuran 1/2" dengan piksel 0,8µm. Kamera ini dilengkapi dengan lensa optik 26mm f/1.8 yang dapat distabilkan secara optik. Kestabilan optik pada kamera kelas menengah seperti ini tidak mudah ditemukan, sehingga fitur ini sangat diapresiasi.

Kamera ini memiliki filter warna Quad Bayer, yang berarti kamera ini biasanya menghasilkan foto 12MP dengan teknologi 4-in-1 binning. Namun, tersedia mode pemotretan resolusi tinggi 48MP (dalam opsi rasio aspek). Kamera ini juga mendukung autofocus phase-detect.

Kamera ultra-wide 8MP menggunakan sensor yang sedikit berbeda dari model A33 5G tahun lalu. Kali ini, kamera tersebut didasarkan pada sensor Samsung S5K4HAYX atau Siliconfile SR846D.

Apapun jenis sensornya, kamera ini menggunakan sensor berukuran 1/4,0" dengan piksel 1,12µm yang terpasang di belakang lensa f/2.2, sudut pandang 123 derajat. Kamera ini tidak dilengkapi dengan autofocus.

Kamera makro menggunakan sensor GalaxyCore GC5035 5MP dengan aperture f/2.4 dan fokus tetap pada jarak sekitar 4cm.

Demikian artikel ulasan Review Samsung Galaxy A34: Desain Elegan, Performa Cepat, dan Kamera Berkualitas Tinggi.


#samsunggalaxya34camerareview   #samsunggalaxya34smartphonereview  #samsunggalaxya34

Posting Komentar untuk "Review Samsung Galaxy A34: Desain Elegan, Performa Cepat, dan Kamera Berkualitas Tinggi"